BERITA

RAHASIA SUKSES INTERSERV INTERNATIONAL INC.


2019-12-14T00:00:00

 

Bismillaahirrohmanirrohim. Pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jumat 06.12.19 lebih baik dari kemarin. Tahun 1989, Sheree Tsao mengundurkan diri dari bekerja di perusahaan HP Taiwan dan mendirikan perusahaan dengan modal seadanya bernama Interserv Internasional. Produk pertamanya CDROM multimedia lintas platform (PC/MAC) memakai brand Palala Rhapsody dan mendapat berbagai penghargaan.  Tahun 1994, meluncurkan produk perangkat lunak belajar Bahasa Inggris untuk anak-anak “A-Mao ABC”,  menerima gold award dan didistribusikan ke seluruh Asia melalui jaringan longmas dan terjual lebih dari 60 ribu buah.

Mulai tahun 1995, mengembangkan produk game. Tahun 1996 mengembangkan game 3D. tahun 1998 membuat produk yang menggabungkan game dengan film. Tahun 2000 berekspansi ke Cina. Tahun 2001 meluncurkan website online e-learning untuk anak-anak dan menerima banyak penghargaan serta diakui oleh pemerintah sebagai salah satu dari sepuluh website anak-anak terbaik. Tahun 2002, membuka kantor cabang di Amerika Serikat. Tahun 2003, mengembangkan usahanya di Eropa dan Jepang serta bekerjasama dengan penerbit luar negeri dalam bidang layanan produksi seni. Tahun 2004, memenangkan “game paling inovatif E3” dan tahun 2005, mengembangkan game dengan konsep MMOG asli dan Interserv menerima lisensi dari Microsoft untuk mengembangkan judul untuk kompatibilitas lintas platform.  Tahun 2006, mengeluarkan “Mage Knight : Apocalypse” yang dirilis untuk PC dan platform online dan tahun berikutnya merilis game “Word Puzzle” yang dirilis untuk Xbox360 live arcade. Apa  rahasia suksesnya?

Pertama, Interserv menggandeng investor diantaranya E-Ten dan acer. Kedua melakukan go public dan mulai diperdagangkan di Bursa Efek Taiwan. Ketiga, membantu memajukan karir karyawannya melalui program pendidikan dan pengembangan. Karyawan diberi kesempatan belajar dan menggunakan perangkat lunak terbaru dan teknologi yang berkembang di industri. Sumber daya yang dibutuhkan meliputi designer, artist, programmer, account manager, project manager, producer, marketing dan public relation serta management information system. Sumber daya manusia Interserv telah berkembang menjadi lebih dari 300 karyawan dan 3 lokasi internasional di Asia dan Amerika Serikat.

Selain ketiga rahasia diatas, masih ada satu rahasia lagi yaitu strategi rantai nilai. Strategi rantai nilai adalah cara perusahaan dalam memahami keunggulan kompetitif dengan mengidentifikasi seluruh aktivitas perusahaan agar menurunkan biaya dan untuk memahami hubungan perusahaan dengan pemasok dan pelanggan dalam dunia industri. Analisis rantai nilai merumuskan beberapa aktivitas dari sebuah organisasi, yaitu aktivitas utama dan aktivitas pendukung. Dalam setiap aktivitas utama dan pendukung selalu terkait dengan biaya dan penambahan nilai untuk menghasilkan produk. Perusahaan diharapkan mampu menghemat biaya pada setiap aktivitas agar tidak terjadi pengeluaran yang tidak seharusnya dibebankan pada perusahaan, sehingga biaya yang dikeluarkan sesuai dengan nilai yang diperoleh perusahaan. Bagaimana implementasi strategi rantai nilai di Interserv internasional sehingga perusahaan ini menjadi dahsyat?

Strategi rantai nilai dari Interserv meliputi culture, ideation, design, production, branding dan channel. Culture, dijadikan sebagai basis dalam memproduksi film yang  memadukan budaya Cina dan budaya asing dengan iovasi, nilai hiburan, profesionalisme dan kualitas. Ideation dan design, dengan memadukan filosofi Cina yang mendalam dan filosofi asing. Sementara produksinya menggunakan standar internasional diantaranya PCM Tools, online, MMOG and Next-Gen Development, Intellectual Property Protection Measures dan AQCA Systems. Branding merek sendiri dan perusahaan lain. Channel (Microsoft, iggame, Bandai namco, sega Sammy, gaiax, gamania, dll). Demikian semoga bermanfaat, aamiin YRA.  (Artikel ini sudah tayang di Tribun Jogja : 06-12-2019)

 

Kaprodi Kewirausahaan

  

Suyatmi, SE., MM.