BERITA

BERANI BEDA JAGI PENGUSAHA MUDA


2020-08-31

 

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jum’at 24.07.2020 lebih baik dari kemarin. Judul artikel kali ini terinspirasi dari kegiatan “Obrolan Pagi RBTV” yang telah ditayangkan kemarin Selasa 21 Juli 2020. Sesuai temanya, narasumber acara tersebut masih sangat muda, baik yang dari dosen (Tanti Prita Hapsari, SE, M.Si) maupun dari mahasiswa (Yofhi Avianto). Selain ditayangkan langsung di stasiun televisi RBTV juga ditayangkan live streaming melalui youtube rbtvjogja.

Obrolah pagi diawali dengan pengenalan pembicara oleh host RBTV. Pembicara pertama merupakan dosen muda Prodi S1-Kewirausahaan Amikom Yogyakarta sekaligus praktisi bisnis. Pembicara kedua, mahasiswa semester 4 (empat) Prodi S1-Kewirausahaan sekaligus co-founder @Ayraindonesia. Ayra Indonesia merupakan perusahaan yang memproduksi sabun dari lumpur. Menurut @ayraindonesiaofficial, lumpur banyak manfaatnya. Di luar negeri ternyata lumpur sudah dipakai untuk perawatan kulit tubuh maupun wajah. Manfaat bagi wajah diantaranya mengecilkan pori, mengurangi minyak berlebih, menghilangkan komedo dan jerawat, menghilangkan flek bekas jerawat, mencerahkan wajah. Sedang manfaat untuk badan : mengobati penyakit kulit seperti panu, kurap, kutu air, biang keringat; menghilangkan bau kaki; mengobati kaki pecah-pecah; mengatasi iritasi kulit. Sabun lumpur tersebut menggunakan brand Ayra Clay Soap. Yaitu sabun alami dari warisan budaya leluhur nenek moyang. Ayra Clay Soap berbahan herbal dan clay yang menghasilkan busa aktif yang lembut dan telah diformulasikan secara tepat oleh apoteker handal PT. Ardhana Reswari Persada. Kelembutan busa aktif Ayra mampu mengatasi berbagai macam permasalahan pada kulit dan mampu mengatasi paparan radikal bebas dari polusi udara serta menetralkan bahan-bahan toxic akibat pemakaian kosmetika kimia yang tidak tepat.  Wah.. keren ya…Mas Yofhi baru semester 4 sudah sukses jadi pengusaha muda. #mudacumasekali.

Ketertarikan dalam dunia bisnis diawali dengan hobinya yang  suka berjualan ketika SMA. Hobi itu dipertajam lagi dengan masuk kuliah di Prodi Kewirausahaan Amikom Yogyakarta. Prodi ini memiliki 2 konsenstrasi yaitu online bisnis dan digipreneurship. Online business, merupakan konsenstrasi untuk memperdalam ilmu dan praktek terkait dengan bisnis menggunakan website, aplikasi sederhana, marketplace sederhana dan lain-lain  sebagai penghubung transaksi penjualan atau pemasaran. Dengan istilah lain online business itu koneksi antara people to people. Contoh : website digunakan untuk menginformasikan bahwa perusahaan menjual sepatu merek X, atau lebih dari sekedar menginformasikan, website digunakan untuk transaksi cash in atau cash out langsung. Contoh lain online business : Google Ads, para pebisnis user Tokopedia, pebisnis user AirBnB.

Digipreneurship, merupakan konsenstrasi untuk memperdalam ilmu dan praktek terkait dengan mengoptimalkan interaksi di antara konsumen dengan perusahaan dengan membangun model bisnis digital, di dalamnya dibesutkan salah satu dari 6 pilar teknologi. Digipreneurship itu koneksi antara people to things. Contoh : perusahaan sepatu lari, mengambil data konsumen melalui cloud computing yang dibesutkan dalam produk jam tangan khusus pelari dan menjual sepatu lari khusus untuk pelari yang menempuh jarak 5 miles, sepatu dirancang terkoneksi dengan jam tangan.  Atau konsumen membeli sepatu lari itu dan terhubung ke perusahaan yang mengirimkan paket sepatu menggunakan drone, atau konsumen datang langsung ke toko sepatu & pihak toko langsung mendeteksi sepatu lari yang cocok untuk konsumen tersebut melalui auto device yang dipasang di pintu yang memindai melalui jam tangan digital konsumen. Demikian semoga bermanfaat, aamiin yra. (Artikel ini telah tayang di Tribun 24.07.2020).

 

Kaprodi Kewirausahaan

 

Suyatmi, S.E., M.M.