BERITA

MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS DAN KINERJA KARYAWAN


2020-09-15

 

 

Memiliki karyawan berprestasi dan berdedikasi tinggi tentunya menjadi impian bagi banyak perusahaan. Namun untuk mewujudkan hal tersebut tentu saja tidaklah mudah, banyaknya  persoalan yang muncul dari dalam diri karyawan maupun lingkungan kerja dapat menjadi penghambat untuk memaksimalkan diri dalam bekerja. Oleh karena itu dibutuhkan pemahaman tentang manajemen karyawan yang dapat mengarahkan mereka menjadi lebih proaktif, kreatif dan inovatif.

Bagi perusahaan, karyawan yang berkualitas dapat memberikan kontribusi yang lebih baik dalam membantu perusahaan mencapai tujuannya. Sementara bagi karyawan itu sendiri, mereka tentunya akan lebih berprestasi dan memiliki jenjang karir yang lebih baik. Untuk mewujudkan hal tersebut maka perusahaan dapat membuat kebijakan yang lebih mendukung dalam mengelola karyawan. Tidak dapat dipungkiri bahwa karyawan merupakan salah satu faktor yang membawa perusahaan pada kesuksesan. Perubahan yang cepat dan tidak dapat dihindari telah menuntut banyak perusahaan untuk mengembangkan sumber daya manusianya. Berbagai usaha dilakukan untuk meningkatkan kualitas karyawan, diantaranya yaitu dengan mengikutsertakan karyawan pada berbagai kegiatan pelatihan kerja ataupun pelatihan keahlian. Akan tetapi hal tersebut tidak akan menjadi maksimal jika tidak didukung dengan usaha lain dari dalam perusahaan.  

Karyawan adalah pribadi unik yang memiliki keberagaman karakter, dimana keberagaman tersebut justru akan menjadi nilai tambah ketika dapat dikelola dengan baik. Perusahaan harus dapat menjadi wadah bagi setiap karyawan untuk belajar dan mengembangkan dirinya. Perusahaan hendaklah juga menyadari bahwa pribadi karyawan tidak terlepas dari berbagai masalah yang dapat mengganggu produktivitasnya. Konseling kerja perlu dilakukan sebagai  salah satu pendekatan efektif dalam meningkatkan kinerja. Konseling dapat membantu karyawan dalam menangani masalah yang dihadapinya sehingga mereka akan memiliki kesehatan mental yang baik, merasa nyaman dengan lingkungan, percaya diri dan senantiasa memiliki pikiran yang positif.

Menciptakan lingkungan kondusif dan pola kerja yang fleksibel namun dapat dipertanggungjawabkan akan membuat karyawan merasa semakin nyaman dalam bekerja. Pola kerja yang lebih terbuka menjadikan karyawan merasa tidak dibatasi dalam bekerja tetapi dengan sendirinya mereka dapat mengerti bahwa dirinya bertanggungjawab terhadap pekerjaannya dan berkewajiban melakukannya dengan benar. Sementara itu, lingkungan kerja yang kondusif atau ramah membantu karyawan untuk bekerja lebih rileks sehingga akan berpengaruh pada cara kerja mereka. Perasaan dihargai dan kepercayaan diri karyawan akan muncul karena mereka merasa diberikan kepercayaan penuh untuk menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya.

Evaluasi karyawan secara rutin wajib dilakukan sebagai bentuk kontrol terhadap pencapaian yang didapatkan. Evaluasi dilakukan secara objektif dan transparan dengan menggunakan standar penilaian kinerja yang jelas dan diketahui oleh karyawan. Hasil evalusi harus ditindaklanjuti sebagai bentuk keseriusan untuk memperbaiki, meningkatkan dan mengembangkan setiap progress sebagai bagian dari usaha bersama untuk mencapai tujuan. Hasil evaluasi hendaknya juga diberikan kepada karyawan bersangkutan agar dapat digunakan sebagai bahan untuk memperbaiki kinerjanya.

Loyalitas dan etos kerja karyawan akan terbentuk ketika perusahaan dapat menjalin hubungan yang baik dengan karyawan. Percaya dan menghargai setiap kontribusi karyawan dapat menjadi kekuatan besar bagi perusahaan untuk maju dan berkembang. Komunikasi yang baik, saling memahami hak dan kewajiban dari masing-masing peran menjadi kunci yang harus dijaga oleh perusahaan maupun karyawan. Semakin berkualitas karyawan maka semakin tinggi pula output kinerja yang dihasilkan, semakin tinggi output kinerja yang dihasilkan maka akan semakin kuat posisi perusahaan. (Artikel ini pernah tayang di Tribun, 23 Oktober 2019)

Tanti Prita Hapsari, S.E., M.Si.

Dosen  Program Studi Kewirausahaan

Universitas Amikom Yogyakarta