BERITA

MENUMBUHKAN SPIRIT INTRAPRENEURSHIP DALAM DIRI KARYAWAN


2020-10-19

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jum’at 16.10.2020 lebih baik dari kemarin. Sebagai pengelola Prodi Kewirausahaan Amikom Yogyakarta, kami merasa bersyukur, atas anugerah yang telah Allah SWT berikan, yang tidak dapat kami sebutkan satu-satu dan kami nilai dengan rupiah. Salah satu anugerah adalah dua mata kuliah wajib Prodi Kewirausahaan Amikom Yogyakarta terpilih sebagai salah satu mata kuliah Program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara dengan Teknologi Informasi, Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Kemendikbud Republik Indonesia 2020. Kedua mata kuliah tersebut adalah mata kuliah Creative Economy dan Intrapreneurship. Nah materi kali ini diambilkan dari salah satu bahasan dalam mata kuliah intrapreneurship.

Intrapreneurship merupakan strategi untuk menstimulasi inovasi dengan menggunakan talenta kewirausahaan. Dengan kata lain, intrapreneurship adalah tindakan berperilaku seperti wirausahawan saat bekerja dalam perusahaan. Bila dipupuk, dikelola, dilatih dan disalurkan secara efektif, intrapreneurship tidak hanya menumbuhkan inovasi tapi dapat membantu karyawan yang memiliki ide-ide cemerlang menyalurkannya ke dalam perusahaan untuk mengembangkan produk baru. Karyawan merupakan salah satu dari tiga pihak yang terkait dalam bisnis, disamping owner dan customer. Tugas owner, memberikan benefit berupa gaji, tunjangan, keamanan, kenyamanan, kesejahteraan, dan lain sebagainya. Apabila owner memberikan benefit yang luar biasa, maka karyawan juga akan memberikan layanan prima kepada konsumen. Karena konsumen dilayani dengan baik oleh karyawan, maka mereka pun akan memberikan penjualan maupun profit kepada owner. Sehingga karyawan merupakan asset yang sangat penting, bukan dipandang sebagai obyek yang menimbulkan biaya.

Salah satu element penting intrapreneurship adalah kemampuan dalam proses pengambilan keputusan. Dengan memupuk etos kerja yang berspirit intrapreneur, karyawan akan merasa berdaya dan menjadi agen-agen perubahan yang dapat dengan nyaman menelorkan ide-ide baru dan mengimplementasikannya. Disamping itu bisa menjadi sarana bagi karyawan untuk mengimplementasikan ketrampilan bisnis dan berwirausaha. Nah…agar karyawan tambah bersemangat dalam mengembangkan perusahaan yang berspirit intrapreneurship, perlu dibangun sistem pemberian reward berbasis Key Performance Indicator (KPI).

KPI merupakan alat bantu atau instrument manajemen agar suatu kegiatan atau proses dapat diikuti, dikendalikan (bila menyimpang, dapat dikenali untuk dikoreksi) dan dipastikan untuk mewujudkan kinerja yang dikehendaki. Salah satu cara agar mencapai indikator yang baik dalam penilaian kinerja karyawan dengan menggunakan metode KPI. KPI membandingkan apa yang telah dibuat dengan apa yang telah ditetapkan. Implementasi yang berhasil akan tergantung pada pelaksanaan strategi pemeliharaan yang baik sesuai dengan apa yang telah ditetapkan.

Sebagai salah satu perangkat utama manajemen organisasi, tujuan utama dari penetapan KPI tersebut adalah 1) untuk menghubungkan antara visi misi, tata nilai, strategi organisasi, dan sasaran kinerja organisasi dengan aktifitas organisasi untuk mencapai sasaran kinerja yang diinginkan. 2) untuk mengukur tren kinerja organisasi dan atau divisi apakah terdapat kenaikan atau terjadi penurunan yang signifikan. 3) untuk membandingkan kinerja organisasi terkini dengan kinerja historis organisasi, atau membandingkan dengan kinerja organisasi lainnya sehingga organisasi mendapatkan gambaran mengenai keunggulan atau kelemahan organisasi dibandingkan pesaing, serta mengetahui peluang-peluang untuk menciptakan nilai tambah. 4) KPI organisasi digunakan sebagai dasar penetapan KPI atau sasaran kerja divisi dan individu. 5) hasil pencapaian KPI menjadi dasar untuk memberikan penghargaan dan konsekuensi sehingga KPI juga bermanfaat untuk mendorong motivasi bekerja dan perilaku inovatif karyawan. Demikian semoga bermanfaat. Aamiin YRA. (Artikel ini telah tayang di Tribun, Jum’at 16.10.2020).

 

Kaprodi Kewirausahaan

Suyatmi, S.E., M.M.