BERITA

TAHU &  JAMUR SKRIPSI


2021-03-21

 

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jum’at, 30.10.2020 lebih baik dari kemarin. Yogyakarta merupakan kota tujuan wisata budaya, wisata alam, wisata kreatif maupun wisata pendidikan. Sebagai kota wisata pendidikan, di Yogyakarta terdapat lebih dari 5 (lima) Perguruan Tinggi Negeri dan lebih dari 105 (seratus lima) Perguruan Tinggi Swasta, dengan total mahasiswa lebih dari 50.000 (lima puluh ribu). Wisata pendidikan, khususnya wisata perguruan tinggi, merupakan wisata yang paling lama, mereka (wisatawan mahasiswa) tinggal di Yogyakarta rata-rata 3 (tiga) tahun untuk yang kuliah di Program Diploma, dan 4 (empat) tahun untuk mereka yang ambil Program Sarjana (S1). Mahasiswa belum dapat dinyatakan lulus, apabila belum menyelesaikan skripsinya. Daan biasanya dalam menyusun skripsi dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerja iklas yang luar biasa. Nah... melihat kondisi seperti itu, ada salah satu mahasiswa Prodi Kewirausahaan Amikom Yogyakarta, membuat suatu produk yang inovatif, dengan harapan dapat membantu para mahasiswa dalam menyelesaikan studinya.

Untuk mencegah penyebaran virus corona, mulai bulan Maret 2020, kampus-kampus di Yogyakarta, menerapkan kuliah online (kuliah dari rumah masing-masing), termasuk mata kuliah skripsi. Berdasarkan survei yang telah dilakukan oleh tim Tahu & Jamur Skripsi tahun 2020, untuk mengetahui tingkat keinginan mengkonsumsi cemilan/makanan ringan saat berada di rumah selama pandemi Covid-19, diperoleh data sebagai berikut : 100% responden menyatakan suka makanan ringan/cemilan. 46,9% responden menyatakan sering ngemil saat waktu luang. 63,6% responden mengalami peningkatan frekuensi ngemil selama dirumah. 60,6% responden menyatakan lebih menyukai rasa asin daripada rasa manis. 90,9% responden menyatakan lebih suka cemilan berbahan dasar nabati daripada hewani.

Tahu & Jamur Skripsi merupakan inovasi cemilan sehat berbahan dasar tahu putih dan jamur tiram organik, yang dibalut dengan sentuhan kata-kata motivasi. Bahan baku tahu diambil dari produsen tahu rumahan yang ada di Kulon Progo, sedangkan bahan baku jamur, diambil dari petani jamur di Bantul. Tahu & Jamur Skripsi tidak sekedar bisnis, tapi lebih dari itu... kami ingin membantu mereka agar produksi dan omsetnya meningkat.  Tahu dan Jamur Skripsi, terdiri dari berbagai varian rasa yaitu original, balado, keju, BBQ dan pedas. Kemasan cabe bubuk yang terpisah memudahkan konsumen untuk mengatur level pedasnya sesuai selera. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, kemasan ekonomis kisaran harga Rp10.000,00 s.d Rp15.000,00. Bagi teman-teman mahasiswa yang penasaran dapat langsung ke TKP, di Jln Parangtritis Km 6,5 Sewon Bantul Yogyakarta (tepatnya di sebelah barat ISI Yogyakarta).  Atau temukan di event-event besar di Yogyakarta seperti Pasar Kangen di Taman Budaya Yogyakarta, Festival Kebudayaan Yogyakart (FKY) dan Prambanan Jazz. Bagi yang lagi mager (males gerak), dapat pesan dan kirim secara online melalui website https://tahuskripsi.wordpress.com atau melalui instagram https://instagram.com/tahuskripsijogja.id?igshid=gsi9uzsuos9p.

Beberapa prestasi telah diraih oleh tim Tahu & Jamur Skripsi, diantaranya nominasi AMICTA 2020. AMICTA merupakan ajang kompetisi produk-produk inovatif tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Amikom Yogyakarta. Salah satu pemenang hibah Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KIBM) tahun 2020, yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional Republik Indonesia. Serta telah mendapatkan HaKi (Hak Cipta) dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia. “Tahu & Jamur Skripsi, membantu menyelesaikan skripsi, agar tidak jamuran dan lulus tepat waktu”. Demikian, semoga bermanfaat, aamiin YRA. (Artikel ini telah tayang di Tribun pada, Jum’at, 30.10.2020)

 

Kaprodi S1 Kewirausahaan

Suyatmi, S.E., M.M.