BERITA

COPYWRITING SOLUSI MENINGKATKAN OMSET


2021-04-26

 

 

Bismillaahirrohmaanirrohiim, Pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jum’at, 23.04.2021 lebih baik dari kemarin. Sebaik dan sebagus apapun produk kita, kalau kita tidak mengkomunikasikannya ke calon pembeli (target pasar) maka tidak ada yang akan membelinya. Maka dari itu diperlukan tim penjualan atau sales marketing. Seiring dengan perkembangan dunia bisnis, yang serba online, mengkomunikasi produk dari penjual ke pembeli bisa dilakukan melalui media tulisan, gambar maupun video. Nah peran sales marketing, dalam bisnis online dapat digantikan oleh copywriting.

Copywriting adalah tindakan atau pekerjaan menulis teks untuk tujuan periklanan atau bentuk pemasaran lainnya. Iklan di website, landing page, televisi, majalah, koran dan media lainnya. Pernahkah kita menjumpai, ada 2 produk sama persis. Yang pertama, dijual dengan hanya mencantumkan informasi, deskripsi, fitur, manfaat, harga dan cara memesan. Setelah ditunggu lama tidak ada orang yang membeli produk itu sama sekali, lalu apakah ada yang salah? Produk kedua, memilik pembeli yang luar biasa. Kira-kira apa penyebabnya. Ya…mereka menggunakan teknik copywriting yang mampu menyihir pembeli tidak hanya ingin membeli, tapi tetap harus membeli produk yang dijual.

Berikut beberapa contoh copywriting yang dimuat di halaman website masing-masing : “Homestay di Jogja terbaik untuk liburan Anda” (www.homestayjogya.co.id). “Create your creativity” (www.dewimedialestari.com). “Kuliah di Amikom gak perlu khawatir dengan biaya kuliah, dengan Kartu Indonesia Pintar, kamu bisa kuliah gratis 100% dan bisa juga dapat uang saku tiap bulan” (www.amikom.ac.id).

Contoh copywriting berikut kami ambil dari  instagram @ycaindonesia :

Kamu merasa insecure dengan dirimu sendiri?

Kamu merasa nggak tau lagi apa yang harus kamu lakukan untuk masa depanmu? 

 

Hei, bangun yuk! Tuhan menciptakan setiap manusia sepaket dengan potensi dirinya loh.

Namun, tugas kita selanjutnya adalah ingin mengembangkan potensi diri yang telah diberikan atau tidak. ??

Potensi diri dapat berkembang bisa kamu mulai dengan belajar public speaking ya. Karena ketika kamu memiliki kemampuan berkomunikasi yang super, maka tingkat kepercayaan orang lain ke dirimu akan semakin besar. Dan peluang-peluang yang tak pernah kita bayangkan sebelumnya langsung mendadak berdatangan. Waahh kamu mau merasakan ini? 

Yuk, gabung bersama kami di kelas public speaking YCA! Karena tidak ada orang hebat, yang ada hanyalah orang yang terlatih. YCA Indonesia, Berani Ekspresikan Dirimu!

 

Teknik AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) biasa dipakai oleh copywriter. Attention (perhatian). Dimulai dengan upaya untuk menarik perhatian pembaca. Formula dalam AIDA dimulai dengan attention, dapat dilakukan lewat headline, bentuk font, ukuran font, gambar dan bahkan video. Tujuan utama kalimat pertama untuk menarik perhatian dan rasa penasaran pembaca. Interest (minat). Setelah berhasil menarik perhatian pembaca, maka langkah berikutnya adalah membuat pembaca tertarik dengan tawaran kita. Prinsip utama copywriting adalah membuat audiens yang membaca kalimat pertama melanjutkan bacaannya ke kalimat berikutnya. Untuk mendapatkan efek ini, kita harus mampu menyadarkan akan besarnya masalah yang mereka hadapi, dengan memunculkan berbagai fakta, data, informasi dan lainnya.

Desire (keinginan). Pada tahapan ini, harus dapat membuat pembaca berminat dan menginginkan solusi yang kita tawarkan. Disini perlu untuk memainkan emosi dan logika konsumen, biasanya dilakukan dengan menyebutkan manfaat yang akan didapatkan. Action (tindakan) adalah ajakan kepada pembaca untuk mengambil tindakan. Apapun tindakan yang kita inginkan, membeli produk, mendaftar, mendownload, menelpon dan lainnya yang harus kita ungkapkan pada bagian ini. Demikian semoga bermanfaat. aamiin yra. (Artikel ini telah tayang di Tribun, Jum’at, 23.04.2021).

 

Kaprodi Kewirausahaan


Suyatmi, S.E., M.M.