BERITA

KOPERASI CITRAMAS DULU DAN SEKARANG


2021-05-30

 

Bismillaahirrohmaanirrohiim, pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jum’at 07.05.2021 lebih baik dari kemarin. Alhamdulillah, Kamis 6 Mei 2021 telah dilaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Citramas Amikom Yogyakarta. Menyampaikan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas kepada anggota tentang kinerja tahun buku 2020 dan penyampaian rencana kerja tahun 2021 adalah tujuan diadakannya RAT tersebut. RAT dihadiri oleh Rektor Amikom Yogyakarta (Prof. Dr. M. Suyanto, MM), Perwakilan Kantor Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Sleman (Bapak Fikri Muttaqin), dewan pengawas dan anggota koperasi citramas. RAT dilaksanakan secara online melalu platform Zoom dimulai kurang lebih pukul 13.15 WIB sd 14.45 WIB.

Koperasi Keluarga Besar Universitas Amikom Yogyakarta atau yang lebih dikenal dengan koperasi Citramas (Citra Mandiri Sejahtera) didirikan pada tanggal 2 Februari 2004. Koperasi Citramas melayani seluruh civitas akademika Universitas Amikom Yogyakarta yang meliputi (Mahasiswa, karyawan, dosen). Koperasi Citramas lahir dari kantin Amikom dan koperasi mahasiswa (Kopma). Kantin Amikom pada mulanya didirikan dengan cara disewakan, tetapi karena pelayanan kurang memuaskan akhirnya kantin dikelola oleh ibu-ibu darma wanita Amikom. Waktu itu penulis juga sempat mendapat giliran belanja tuk dimasak di kantin Amikom. Setelah satu tahun berdiri, pengurus kantin mengundurkan diri, sehingga sebagian besar pemegang saham kantin sepakat untuk berubah bentuk menjadi koperasi. Sedangkan Kopma semula dikelola oleh mahasiswa, dalam perjalanan hidupnya mengalami banyak kendala-kendala, sehingga kopma itu sendiri tidak berjalan sampai sekarang.

Setelah sepakat membentuk koperasi, penulis bersama rekan sejawat Ibu Istiningsih, berlari menuju kantor dinas koperasi untuk mencari tahu bagaimana cara-cara mendirikan koperasi. Akhirnya kami diberi petunjuk dan buku pedoman. Sesampai di kampus kami membuat draf AD/ART Koperasi citramas tersebut. Berikut susunan pengurus koperasi citramas pada awal berdiri : Penasehat (Prof. Dr. M. Suyanto, MM) dan Dr. Muhamad Idris Purwanto, MM). Pengurus harian : Ketua (Dr. Abidarin Rosidi, MMA), Wakil ketua (Sudarmawan, ST). Sekretaris (Suyatmi, SE, MM). Bendahara I (Istiningsih, SE, MM), bendahara II (Widyanti K., M.Ak). Koordinator sie usaha (RM. Maskuri, MM), sie poliklinik dan asuransi (Krisnawati, S.Si, MT), sie kantin (Anik Sri Widowati, S.Sos, MM), sie Simpin (Susi Haryanti, S.Sos), sie Waserta, fotocopy, wartel, rental komputer (Mardalena). Dalam operasional sehari-hari sie waserta, fotocopy, wartel dan rental komputer dibantu oleh 3 orang karyawan (Darmi, Jamil dan Putri).

Kini Koperasi telah berusia  17 (tujuh belas) tahun. Saat ini memiliki 261 anggota, 9 pengurus, 3 pengawas. Penulis diberi amanah untuk memimpin kepengurusan tahun 2019 sd 2021. Unit bisnis yang dikelola meliputi simpin, swalayan citramart, persewaan, dan printing. Dengan adanya ketidakpastian di masa pandemi ini, telah berpengaruh terhadap kinerja koperasi. Walau begitu, tidak sampai terjadi kerugian dan pengurangan jumlah karyawan, hanya terjadi penurun laba di beberapa unit. Unit swalayan citramart mengalami penurun laba 57,22%, unit persewaan turun 71,59% dan unit printing turun 79,58%. Sementara unit simpin malah terjadi kenaikan laba sebesar 10,45%.

Koperasi merupakan usaha bersama untuk memperbaiki ekonomi berdasarkan prinsip tolong menolong. Supaya kita dapat masuk surga, orang-orang di sekitar kita dijadikan anggota. Kedepan koperasi citramas dapat mengembangkan koperasi online  bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Amikom (BUMA). Serta perlu ditingkatkan pengetahuan perkoperasian khususnya bagi para anggota. Itulah pesan yang disampaikan bapak Rektor Amikom dan perwakilan Dinas Koperasi. Demikian semoga bermanfaat, aamiin yra. (Artikel ini telah tayang di tribun, pada Jum’at 07.05.2021).

 

Kaprodi Kewirausahaan

Suyatmi, S.E., M.M.