BERITA

A I K I D O


09 May 2019

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jumat 2019.05.03 lebih baik dari kemarin. Di dalam buku  “Business Model Navigator” karangan Oliver Gassmann dan kawan-kawan (Karolin Frankenberger & Michaela Csik) terdapat “55 model bisnis unggulan yang akan mengubah bisnis Anda”. Nah minggu kemarin kita telah belajar model bisnis Add On dan Afiliasi, sekarang kita akan belajar model bisnis Aikido.

Apa itu Aikido? Aikido merupakan seni bela diri asal Jepang yang dilakukan dengan menyatukan gerakan kita dengan gerakan lawan, lalu mengubah arah serangannya. Dalam konteks model bisnis, Aikido mengacu pada barang atau jasa yang sangat berbeda dengan standar industri. Bisnis kita dapat melakukannya dengan menempati posisi yang bersebrangan dengan pesaing (di luar “pakem”), sehingga tidak perlu bersaing langsung dengan mereka (pesaing). Pesaing kita akan disibukkan dengan memperhitungkan langkah kita sebagai kejutan. Akhirnya keunggulan yang dimiliki pesaing (kualitas yang lebih bagus, harga lebih murah) tidak dapat bersaing dengan keunikan produk baru kita. Dengan kata lain Aikido merupakan bentuk pembedaan yang sangat mencolok,  sehingga dapat mengubah kekuatan lawan menjadi kelemahan.  

Salah satu perusahaan pertama yang menerapkan model bisnis Aikido adalah Six Flags. Six Flags sebuah perusahaan asal Amerika Serikat yang kini mengelola 21 taman hiburan di AS, Kanada dan Meksiko. Six Flags fokus menggunakan tema-tema lokal dan struktur yang mudah diakses oleh pengunjung. Kedekatan taman hiburan dengan budaya setempat membuatnya banyak dikunjungi oleh wisatawan setempat sehingga menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dengan upaya pemasaran yang lebih sedikit. Dan taman hiburan ini tetap ramai pengunjung walaupun sedang musim sepi (bukan musim liburan). Ini adalah strategi yang bertolak belakang dengan pesaing (taman hiburan berorientasi nasional seperti Disneyland). 

Model bisnis Aikido kini telah berkembang ke semua bidang usaha, termasuk bidang pendidikan. Universitas Amikom Yogyakarta sendiri telah menerapkan strategi yang bertolak belakang dengan Perguruan Tinggi lain di Indonesia. Perguruan Tinggi pada umumnya berorientasi pada riset (penelitian), sementara Universitas Amikom Yogyakarta berorientasi pada inovasi produk. Karya Inovasi Universitas Amikom Yogyakarta telah diakui oleh dunia Internasional. Universitas Amikom Yogyakarta telah mengantongi lebih dari 50 International Award. Karya inovasi yang paling terkenal adalah film animasi yang berjudul Battle of Surabaya. Tak heran, hampir setiap hari kampus ungu tercinta selalu ramai dikunjungi tamu yang ingin studi banding maupun tuk obyek kunjungan industri bagi siswa-siswi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) bahkan sebagai obyek magang siswa maupun mahasiswa dalam negeri maupun luar negeri.

Pola Aikido ini sangat menarik, tapi kita harus benar-benar berani menerapkannya. Jika kita ingin memanfaatkan kekuatan lawan untuk membalik keadaan, kita harus berfikir dengan cara yang berbeda. Pola ini dapat digunakan di segala bidang usaha, dan segala ukuran usaha (usaha mikro, kecil, menengah maupun besar). Kita harus memperhatikan tanda apa pun yang menunjukkan kita telah keluar jalur. Pasti ada alasan mengapa langkah yang diambil pesaing kita cocok dengannya. Mengamati kondisi pasar kita memang penting, namun ketika kita menerapkan pola Aikido, kita harus lebih memperhatikannya. Demikian semoga bermanfaat. Amin YRA.  (Sumber: Tribun Jogja, 03-05-2019)

 

Kaprodi Kewirausahaan

 

 Suyatmi, SE., MM.