BERITA

AFILIASI


30 Apr 2019

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jumat 26 April 2019 lebih baik dari kemarin. Kata afiliasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mengandung arti 1) pertalian sebagai anggota atau cabang, perhubungan, 2) bentuk kerjasama antara dua lembaga pendidikan, biasanya yang satu  lebih besar dari yang lain tetapi masing-masing berdiri sendiri. Dalam dunia bisnis online, pengertian afiliasi mengalami sedikit penambahan makna. Afiliasi adalah “cara menghasilkan uang dengan menjual produk dari perusahaan atau lembaga pemilik produk (affiliate merchant) dengan bergabung menjadi pemasar produk (affiliate marketers) dan hanya dibayar setelah produk terjual. Di luar negeri pengertian afiliasi memiliki kedekatan dengan pekerjaan seperti calo, broker, atau perantara, karena menerapkan cara kerja yang sama. Sebagai ilustrasi, misalkan cara kerja afiliasi penjualan rumah. Jika kita ingin menjual rumah, kemudian teman kita membantu mencarikan pembeli. Ketika transaksi pembelian berhasil terjadi berkat bantuan teman kita, sudah umum jika teman kita diberi komisi atas bantuannya tersebut.

Afiliasi merupakan salah satu model bisnis dimana perusahaan berfokus untuk mendukung pihak lain dalam memasarkan produknya demi mendapatkan manfaat dari transaksi yang berhasil. Pihak yang berafiliasi biasanya beroperasi menggunakan semacam sistem bayar per penjualan atau bayar per penayangan, dan biasanya secara online. Sejarah afiliasi modern berasal dari penemuan internet. Salah satu perusahaan pertama yang menciptakan program afiliasi adalah PC Flowers & Gifts, yang menjual produknya di Prodigy Network pada akhir tahun 1980-an. Satu tahun setelah beralih ke internet, pada tahun 1995 PC Flowers & Gifts memiliki program afiliasi yang terdiri atas 2.600 mitra usaha. Pemasaran secara afiliasi berkembang pesat setelah Amazon memperkenalkan program kemitraan Amazon.com pada tahun 1996. Amazon yang pada waktu itu hanya toko buku online, mendapat paten untuk “sistem referensi pelanggan berbasis internet”. Dengan sistem ini para pemilik buku di seluruh dunia dapat merekomendasikan buku kepada para pembacanya dan berpartisipasi dalam kesuksesan amazon dengan mengumpulkan komisi penjualan. Hasilnya skema pemasaran afiliasi Amazon berkembang luas di internet dan tidak hanya berkontribusi besar terhadap kesuksesan Amazon, tetapi mitra juga mendapatkan keuntungan dari aneka produk Amazon yang semakin bervariasi.

Toko online di Indonesia juga sudah menerapkan model bisnis afiliasi, diantaranya lazada.co.id, zalora.co.id, blibli.com, kebunbibit.id, floweradvisor.co.id, bilna.com, niagahoster.co.id, bukalapak.com. Untuk dapat menjadi afiliate dari toko online tersebut kita dapat melakukan searching di google dengan key word misalnya “program afiliasi buka lapak” nanti akan keluar petunjuk pendaftaran dan ketentuan lain terkait dengan program tersebut. Biaya pendaftaran gratis, dan tanpa modal uang. Lalu apa yang harus disiapkan agar kita sukses berbisnis sebagai afiliter, diantaranya 1) pelajari produk/jasa yang akan kita bantu promosikan, disarankan kita sudah memakainya (bila memungkinkan),  2) pilih produk yang banyak diminati pasar atau yang kita sukai, 3) buat website atau blog yang serius (bukan yang gratisan) dan memiliki konten yang bermanfaat artinya tidak hanya untuk promosi saja, 4) mengatur keuangan dengan baik, dengan harapan bisa berkembang dan dapat menjadi reseller bahkan mendirikan perusahaan yang memproduksi produk sendiri. Demikian semoga bermanfaat, amin YRA.

AFILIASI (Kesuksesan Anda adalah Kesuksesan Kami)

(sumber : Tribun Jogja 2019-04-26)

 

Kaprodi Kewirausahaan 

Suyatmi, SE., MM.