BERITA

Entrepreneurship vs Intrapreneurship


25 Sep 2019

ENTREPRENEURSHIP vs INTRAPRENEURSHIP

 

Bismillaahirrohmaanirrohiim.

Pada umumnya kita lebih sering mendengar kalimat Entrepreneurship dibanding dengan Intrapreneurship. Entrepreneurship yaitu Suatu proses penerapan kreativitas dan inovasi untuk memecahkan dan mencari peluang dari masalah yang dihadapi oleh setiap orang dalam kehidupan sehari-hari. Kata Intrapreneurship mungkin belum familiar di kalangan pebisnis terutama UMKM, saya juga mencoba memancing pertanyaan ke mahasiswa yang saya ajar di kelas mata kuliah kewirausahaan juga tidak ada yang tahu, kebanyakan dari mahasiswa menjawab yaitu “Kewirauashaan dari dalam”. Hal tersebut bukanlah sebuah jawaban yang salah tapi juga bukan jawaban yang tepat. Ketika mahasiswa kembali bertanya kepada saya, dengan sedikit bercanda saya jawab “Untuk mengetahui Intrapreneurship kalian harus masuk ke Prodi Kewirausahaan dan sampai semester 5”. Bahkan buku – buku yang membahas tentang intrapreneurship juga tidak sebanyak dari buku – buku kewirausahaan.

Konsep Intrapreneurship secara aplikatif merupakan gabungan dari entrepreneurship dan employee, yaitu sebuah konsep menularkan virus – virus entrepreneurship. Ada 12 karakterteristik dari intrapreneurship, 1) Percaya diri, 2) Komunikatif, 3) Berpikiran Terbuka, 4) Rasa Tanggungjawab Tinggi, 5) Team Player , 6) System Oriented, 7) Dedikasi Tinggi, 8) Grateful, 9) Optimis, 10) Keseimbangan, 11) Menciptakan Pemimipin Baru, 12) Mengenal Potensi Diri. Beberapa perbedaan Intrapreneurship dengan Entreprenurship, dilihat dari; 1) Tujuan inti : Untuk meningkatkan kekuatan kompetitif dan keberlanjutan pasar organisasi, 2) Motif Utama : Meningkatkan kapasitas penghargaan organisasi dan otonomi, 3) Status : Pegawai organisasi mengharapkan kebebebasan dalma bekerja, 4) Risiko : Menanggung semua risiko, 5) Keputusan : Didapatkan secara kolaboratif untuk mewujudkan mimpi, 6) Yang dilayani : Organisasi dan Intrapreneurship sendiri, 7) Batas waktu : Ditetapkan Sendiri atau secara bersama – sama, 8) Operasi : Dari dalam organisasi.

Dari beberapa hal diatas dapat disimpulkan bahwa Intraprenership bukanlah orang, melainkan sebuah sistem yang diciptakan oleh seorang entrepreneur. Dalam arti lain Intrapreneurship adalah entrepreneur dalam organisasi atau biasa disebut kewriausahaan korporasi. Dapat disebut juga bahwa Intrapreneurship mendorong karyawan untuk memiliki jiwa entreprenurship dengan sistem yang dibuat dan disepakati bersama secara organisasi. Ada 2 faktor pendorong dalam membentuk intrapreneurship, 1) Faktor lingkungan, faktor lingkungan yang berpengaruh dalam organisai yaitu dinamisme tekhnologi, permintaan produk baru, dan pertumbuhan industi, 2) Faktor Organisasi, faktor organisasi yang berpengaruh yaitu sistem terbuka, budaya organisasi, kejelasan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang diatur dalam Standar Operasional Prosedur (SOP).

Ada 3 peran Entrepreneur dalam organisasi, 1) Penghasil produk unggulan yaitu mampu menciptakan dan mendukung produk baru walaupun banyak hambatan, 2) Sebagai Sponsor yaitu seseorang atau sekelompok yang mampu menghargai ide – ide baru dan nilai – nilai organisasi, 3) Sebagai Orkestra, yang dimaksud disini Pemimpin yang merealisasi inovasi, mendanai kegiatan inovasi, menciptakan insentif bagi manajemen menengah, melindungi ide dari segala lapisan manajemen.

Manfaat kewirausahaan korporasi untuk meningkatkan produktivitas dan iklim inovasi agar dapat mampu bersaing, meningkatkan pejualan dan keuntungan lebih. Kewirausahaan korporasi menitikberatkan pada alokasi waktu yang sedikit lebih banyak kepada karyawan, sehingga karyawan merasa bahwa mereka termasuk bagian yang penting dari perusahaan. Output dari kewirausahaan koporasi yaitu meningkatnya inovasi jasa, produk dan ide, dimana ketiga hal tersebut muncul lebih banyak dari karyawannnya. Contoh perusahaan yang menggunakan kewirausahaan korporasi : 3M dengan produk post-it, Apple Computer, GE, Toyota, dan lain-lain. (Sumber, Tribun Jogja 25-09-2019).

 

Dosen Prodi Kewirausahaan

 

Yusuf Amri Amrullah, SE., MM.