BERITA

Kuliah umum bertema Kewirausahaan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia


08 Jun 2017

Chairman & CEO MNC Group Hary Tanoesoedibjo menjadi pembicara dalam kuliah umum bertema 'Kewirausahaan dan Pembangunan Ekonomi Indonesia' di Kampus AMIKOM Yogyakarta. Bapak lima anak itu lebih banyak bercerita tentang perjalanan hidupnya saat terjun ke dunia usaha.

HT

Pria asal Surabaya, Jawa Timur itu mengungkapkan, untuk mempercepat masyarakat yang belum mapan harus diberikan perlakuan khusus. Misalnya, kemudahan akses dana murah, pelatihan dan proteksi. Pemberian perlakuan khusus itu membuka kesempatan kepada mereka untuk tumbuh menjadi kelompok produktif.

Jika kelompok produktif atau masyarakat mapan terus tumbuh, lanjut Hary Tanoe, otomatis pembayar pajak akan bertambah banyak. Artinya, penopang ekonomi nasional semakin banyak. Disitulah ekonomi larinya bisa lebih kencang, sehingga Indonesia bisa lebih cepat menjadi negara maju.

HT 3

Dengan menjadi negara maju, negara memiliki kemampuan untuk membantu masyarakatnya memperoleh pendidikan, kesehatan, perumahan yang layak hingga santunan untuk pengangguran hingga mereka mendapat pekerjaan.

Hary Tanoe pun mendorong generasi muda untuk terjun ke dunia entrepreneurship. Selain menambah basis pembayar pajak, bertambahnya jumlah entrepreneur juga akan menciptakan lapangan pekerjaan yang sangat dibutuhkan Indonesia.

Benang merah yang bisa dipetik dari perjalanan cerita Hary Tanoe ini lebih pada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan itu butuh konsisten, jangan sampai lengah setelah berada pada zona aman sekalipun.