BERITA

MENJUAL PENGALAMAN  


17 Sep 2019

 

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jum’at 06.09.2019 lebih baik dari kemarin. Di jaman serba maju seperti sekarang ini, persaingan bisnis semakin ketat, sehingga kita perlu melakukan strategi agar dapat unggul dari yang lainnya. Salah satunya dengan cara menciptakan model bisnis yang berbeda yaitu model bisnis menjual pengalaman. Dalam model bisnis menjual pengalaman, perusahaan berusaha meningkatkan nilai tambah suatu produk (barang atau jasa) dengan cara menciptakan pengalaman atau kesan positif di hati pelanggan. Misalnya warung kopi, disitu selain menyediakan berbagai varian kopi, juga menawarkan berbagai fitur, produk dan berbagai layanan lainnya yang menciptakan pengalaman yang unik (layanan ramah dan respon cepat, wifi, musik yang menenangkan, suasana yang hangat, dan perabotan yang nyaman). Sebuah toko buku, selain menjual berbagai jenis buku dengan diskon-diskonnya, juga menyediakan kafe kopi dan beberapa acara seperti jumpa penulis dan bedah buku. Keberhasilan dalam menjual pengalaman akan membuat pelanggan semakin setia dan bersedia membeli dengan harga yang lebih tinggi, serta berdampak pada peningkatan penjualan atau omset.

            Model bisnis ini dipopulerkan oleh Pine dan Gilmore melalui buku berjudul “the experience economy”. Kedua pengarang tersebut mengacu pada buku yang berjudul “Future Shock” karangan Alvin Tofler. Alvin Tofler pada tahun 1970, saat terjadi perang dingin, memprediksi bahwa pelanggan dimasa depan akan makin banyak mengeluarkan uang untuk mendapatkan pengalaman positif yang tidak biasa. Berikut beberapa contoh perusahaan yang telah berhasil menerapkan model bisnis tersebut.

Restorationhardware.com yang didirikan pada tahun 1979 oleh Stepen Gordon. Perusahaan ini menjual dekorasi rumah dan perabotan hasil reproduksi yang klasik, autentik dan tak lekang oleh zaman. Pelanggan tertarik dengan nostalgia yang semakin nyaman dan tenang ketika pelanggan memasuki gerai Restoration Hardware sehingga pelanggan ingin menjalani hidup yang sederhana. Kini karyawan Restoration Hardware sebanyak 2.920 orang (full time).

Alhamdulillah hari ini dan kemarin, Universitas Amikom Yogyakarta mengundang para orang tua / wali mahasiswa baru yang berjumlah lebih dari 3.000 mahasiswa  untuk mengikuti kegiatan open house. Para orang tua diberi penjelasan mengenai ke-AMIKOM-an dan tips bagaimana agar putra-putrinya sukses kuliah dan sukses karir. Tidak hanya itu, para orang tua juga diberi fasilitas website khusus orang tua yang memuat informasi perkembangan perkuliahan putra-putrinya, sehingga orang tua dapat memonitor dan mengarahkan putra-putrinya. Setelah menghadiri open house, orang tua dilibatkan dalam penilaian karya putra-putrinya yang sangat luar biasa, padahal putra-putrinya masih MABA (Mahasiswa Baru) loh….

Tak ketinggalan, Amikom juga menciptakan pengalaman positif kepada para calon MABA melalui kegiatan Pelatihan Super Unggul (PSU). PSU wajib diikuti oleh semua calon MABA yang sudah dinyatakan lolos seleksi masuk universitas Amikom baik yang belum melalukan pembayaran registrasi maupun yang sudah. Durasi PSU selama 5 hari dan diisi oleh para fasilitator yang kompeten di bidangnya. Setelah mengikuti PSU peserta tambah termotivasi, bersemangat, mengetahui siapa dirinya, memiliki sikap mental positif dan dapat menentukan goal setting serta bagaimana strategi mencapainya. Demikian semoga bermanfaat. Amin YRA. (Sumber : Tribun Jogja, 6-09-2019)

 

Kaprodi Kewirausahaan

 

Suyatmi, SE., MM.