BERITA

Pentingnya Inovasi Model Bisnis Di Era Industri 4.0


25 Sep 2019

Pada jaman now, kesuksesan perusahaan untuk bersaing dalam jangka panjang bergantung pada kemampuannya untuk menciptakan model bisnis yang inovatif.

Adapun Alasan-alasan Yang Membuat Sebuah Perusahaan Tidak Dapat Bersaing Adalah:

  1. Perusahaan-perusahaan tersebut gagal menyesuaikan model bisnisnya dengan lingkungan yang senantiasa berubah 
  2. Hanya mengandalkan rangkaian kesuksesan terdahulu
  3. Hanya mengandalkan pada produk (barang/jasa) yang menghasilkan pendapatan konstan dan mendorong perusahaan untuk memacu perolehan laba dari bisnis yang telah berhasil juga tidak akan menjamin keberlangsungan perusahaan tersebut

 

Era Inovasi Model Bisnis

  • Inovasi selalu menjadi faktor penting dalam mendorong pertumbuhan dan daya saing dalam bisnis 
  • Pada masa lalu inovasi teknologi canggih atau memperkenalkan produk yang khas sudah cukup untuk berhasil, shg banyak perusahaan “demam teknologi".  
  • Teknologi baru, batasan bidang usaha yang semakin abu - abu, perubahan pasar, pesaing baru yang lebih kompetitif dan perubahan regulasi semakin meminggirkan inovasi produk dan proses. Suka atau tidak suka, aturan main di hampir semua bidang usaha telah berubah.

 

Kisah Sukses Inovasi Model Bisnis

  1. Amazon menjadi penjual buku terbesar dunia, meskipun tidak memiliki bangunan toko satu pun
  2. Apple adalah pengecer musik terbesar dunia, meskipun tidak menjual CD
  3. Pixar memenangkan 11 penghargaan academy awards dalam 10 tahun terakhir tanpa satu aktor manusia pun di semua filmnya
  4. Netfliks menemukan kembali rental video meskipun tidak memiliki gerai rental satu pun
  5. Skype merupakan penyedia layanan telekomunikasi terbesar di seluruh dunia meskipun tidak memiliki prasarana jaringan sama sekali
  6. Starbucks jaringan gerai kopi terbesar dunia yang menjual produk kopi berstandar khusus dengan harga tinggi


Elemen Model Bisnis

 

 

4 ELEMEN MODEL BISNIS

  1. PELANGGAN– Siapa konsumen yang dituju. Konsumen adalah inti model bisnis. Mengapa ?
  2. PROPOSISI NILAI– Apa yang ditawarkan kepada pelanggan. Apa yang ditawarkan dan bagaimana kita melayani kebutuhan pelanggan.
  3. RANTAI NILAI– Bagaimana cara menghasilkan penawaran tersebut agar proposisi nilai tepat sasaran, kita harus menjalankan beberapa proses dan aktivitas. Keduanya berhubungan dengan kemampuan SDM terkait, koordinasi kedua hal tersebut dengan rantai nilai perusahaan.
  4. MEKANISME LABA– Mengapa model bisnis itu menghasilkan laba. Beberapa aspek seperti struktur biaya, mekanisme penghasil pemasukan (revenue stream), kelayanan finansial. Informasi ini akan menjawab pertanyaan pokok yang selalu ditanyakan oleh setiap perusahaan. BAGAIMANA CARA MENGHASILKAN NILAI BAGI PARA PEMEGANG SAHAM & PEMILIK KEPENTINGAN? Atau BAGAIMANA AGAR MODEL BISNIS DAPAT BERJALAN SECARA KOMERSIAL.

 

SIAPA - APA - BAGAIMANA - MENGAPA

 

  • Secara keseluruhan, sebuah model bisnis menggambarkan siapa pelanggan kita, apa yang kita jual, bagaimana kita menghasilkannya dan mengapa bisnis kita menguntungkan.
  • Pertanyaan Siapa-aPA-bagaimaNA-MENGapa (SAPA NAMENG) menggambarkan sebuah model bisnis, dimana 2 pertanyaan pertama (Siapa-Apa) menguraikan sisi eksternal dan 2 pertanyaan terakhir (Bagaimana-Mengapa) menguraikan sisi internal.

Inovasi Model Bisnis MEMERLUKAN Perubahan Sekurang Kurangnya 2 Dari 4 Elemen itu.

 

Adi Mustofa

Mahasiswa Prodi Kewirausahaan Angkatan 2018

Fakultas Ekonomi dan Sosial

Universitas AMIKOM Yogyakarta

 

https://entrepreneurzuhud.blogspot.com/2019/09/pentingnya-inovasi-model-bisnis-di-era.html