BERITA

WORLD CLASS FAMILY BUSINESS


26 May 2019

WORLD CLASS FAMILY BUSINESS

 

Bismillaahirrohmaanirrohiim. Pembaca Tribun yang berbahagia, semoga hari ini Jumat 24.05.2019 lebih baik dari kemarin. Family business (perusahaan keluarga) merupakah salah satu mata kuliah yang dipelajari di Program Studi (Prodi) Kewirausahaan Program Sarjana Fakultas Ekonomi dan Sosial Universitas Amikom Yogyakarta. Mata kuliah ini penting diajarkan untuk membekali mahasiswa sejak dini bagaimana mengelola, mengembangkan sampai dengan menjadikan perusahaan keluarga tersebut menjadi perusahaan kelas dunia (world class family business). World class family business (membangun perusahaan kelas dunia) karangan AB Susanto menjadi referensi dalam mata kuliah tersebut begitu juga dalam artikel ini.

Lulusan Prodi Kewirausahaan Amikom Yogyakarta diharapkan menjadi wirausaha dan konsultan bisnis. Para wirausaha selalu menjadi ujung tombak kemajuan ekonomi sebuah negara termasuk Indonesia. Mereka selain mempunyai ide yang inovatif juga mempunyai kemampuan merealisasikan idenya tersebut menjadi sebuah perusahaan yang akhirnya menjadi perusahaan keluarga. Perusahaan keluarga merupakan fenomena tersendiri dalam dunia bisnis, selain jumlahnya yang relatif banyak juga memiliki andil terhadap pendapatan negara. Menurut International Finance Corporation (IFC), sekitar 95% perusahaan di Indonesia adalah perusahaan keluarga (Presidentpost.id).

Dalam terminologi bisnis ada dua jenis perusahaan keluarga. Pertama Family Owned Enterprise (FOE), yaitu perusahaan yang dimiliki oleh keluarga tetapi dikelola oleh eksekutif professional yang berasal dari luar lingkaran keluarga. Dalam hal ini keluarga berperan sebagai pemilik dan tidak melibatkan diri dalam operasi di lapangan agar pengelolaan perusahaan berjalan secara professional. Dengan pembagian peran ini, anggota keluarga sebagai pemilik perusahaan dapat mengoptimalkan diri dalam fungsi pengawasan. Perusahaan keluarga jenis ini merupakan bentuk lanjutan dari usaha yang semula dikelola oleh keluarga yang mendirikannya. Jenis perusahaan keluarga kedua adalah Family Business Enterprise (FBE), yaitu perusahaan yang dimiliki dan dikelola oleh anggota keluarga pendirinya. Baik kepemilikan maupun pengelolaannya dipegang oleh pihak yang sama yaitu keluarga. Perusahaan jenis ini dicirikan oleh dipegangnya posisi-posisi kunci dalam perusahaan oleh anggota keluarga. Jenis perusahaan seperti ini paling banyak dijumpai di Indonesia.

Lalu apa definisi dari perusahaan keluarga. Menurut John L. Ward dan Craig E. Aronoff (2002), suatu perusahaan dinamakan perusahaan keluarga apabila terdiri dari dua atau lebih anggota keluarga yang mengawasi keuangan perusahaan. Sedangkan menurut Robert G. Donelley (2002), suatu organisasi dinamakan perusahaan keluarga apabila paling sedikit ada keterlibatan dua generasi dalam keluarga itu dan mereka mempengaruhi kebijakan perusahaan.

Pola pikir perusahaan keluarga adalah menjadikan usahanya tumbuh dan berkembang. Ada empat fase pertumbuhan dalam perusahaan keluarga, yaitu fase pengembangan, fase pengelolaan, fase transformasi dan fase mempertahankan.

            Bukan tidak mungkin sebuah perusahaan keluarga menjadi besar dan berkelas dunia. Ini telah dibuktikan oleh beberapa perusahaan ternama seperti IBM, P & G, Wal Mart, dan Astra, PT Jamu Sidomuncul.  Dengan mengambil langkah-langkah strategis, perusahaan keluarga dibangun dari kecil sekalipun bisa menjadi besar dan mendunia. Itu semua dimulai dari kemampuan perusahaan keluarga untuk menangani isu-isu internal yang satu sama lain saling terkait, seperti kepemimpinan, konflik, suksesi kompetensi, transparansi, kompensasi, dan budaya perusahaan. Apabila isu-isu tersebut tidak dapat ditangani, bisa jadi perusahaan keluarga tersebut gulung tikar dan akhirnya memunculkan mitos “generasi pertama membangun, generasi kedua menikmati, dan generasi ketiga menghancurkan”.

            Untuk dapat membangun perusahaan keluarga kelas dunia, dibutuhkan dua acara yaitu dengan membangun budaya perusahaan yang tangguh dan menciptakan good corporate governance (tata kelola perusahaan yang baik). Demikian semoga bermanfaat, amin YRA.

(sumber: tribun jogja, 24.05.2019)

 

Kaprodi Kewirausahaan

 

Suyatmi, SE., MM.